3 TIPS Cara Agar Website Tampil Dihalaman Pertama Google

Cara Agar Website Tampil Dihalaman Pertama Google

Posting perdana tahun 2019. Masih tentang bagaimana cara agar website tampil dihalaman pertama Google. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tips dan trik tentang SEO (Search Engine Optimization) ini tidak ada habisnya. Setiap tahun selalu ada checklist tentang tips dan trik cara agar website mudah dicari di Google.

Algoritma Google boleh berganti, boleh update, trik dan tips SEO boleh berkembang akan tetapi mindset cara kerja mesin pencarian termasuk Google, Bing, Yahoo dan Yandex dari tahun ke-tahun setidaknya mengerucut pada TIGA hal optimasi utama. Jadi betapapun algoritma Google terus update, akan tetapi 3 konsep dasar ini harus terus mendapat perhatian bagi segenap webmaster atau pengelola website.

Apa saja tips agar website tampil dihalaman pertama Google?

1. Riset Keyword

Benar, optimasi yang paling dasar dari sebuah langkah-langkah optimasi SEO adalah riset keyword atau kata kunci. Ketepatan penggunaan kata kunci merupakan tahap awal kesuksesan sebuah website atau blog mudah dicari di halaman pencarian Google. Seorang webmaster harus menemukan dan menentukan kata kunci utama sesuai dengan niche (ceruk) dan target market bisnisnya. Analisa kata kunci ini dapat menggunakan keywords tools yang banyak tersedia di internet termasuk yang disediakan oleh Google, seperti Keyword Planner.

Setelah kata kunci utama untuk pangsa pasar ditemukan, maka selanjutnya adalah mengisi website atau blog dengan kata kunci turunan (long tail keyword). Update website secara konsisten berpengaruh pada ranking website tersebut secara keseluruhan. Untuk menemukan long tail keyword bisa menggunakan tools gratis seperti UbberSuggest, KeywordTool.Io dan lain-lain. Namun jika ada budget untuk SEO maka ada baiknya menggunakan tools premium seperti Ahrefs maupun berbagai tools SEO lokal karya anak bangsa.

2. User Experience

Bagian kedua ini, sebenarnya kami mengelompokkan banyak variabel yang berhubungan dengan On-Page SEO. Yakni, optimasi Search Engine dari faktor halaman website itu sendiri. Mindset utamanya adalah bagaimana caranya menyajikan dan menyuguhkan halaman website yang luar biasa (awesome) untuk pengunjung. Apa saja faktor agar website tersebut disebut luar biasa?, Pertama, sebut saja faktor kecepatan loading web (fast load website). Jika menggunakan platform blogger, saat ini sudah banyak tersedia template gratis berbasiskan AMP (Accelerated Mobile Pages). Sedangkan platform WordPress Self-host dapat menggunakan plugin AMP for WP. Juga mulailah mempelajari seputar PWA, yakni Progressive Web Apps yang masih berhubungan dengan orientasi kecepatan sebuah halaman website.

Kedua selain faktor kecepatan, navigasi yang jelas serta mudah diakses oleh pengguna memiliki pengaruh dalam optimasi SEO khususnya on-page. Fokus bagaimana caranya agar pengunjung lebih betah di halaman yang dimaksud dan tidak buru-buru untuk klik tanda silang atau close halaman website tersebut.

Ketiga, rich content. Yakni konten yang kaya. Banyak sekali informasi yang dapat diperoleh pada halaman yang sedang dioptimasi memungkinkan website tampil dihalaman pertama Google lebih mudah. Penulisan konten harus seimbang, selain fokus untuk spider bot dari mesin pencari juga berorientasi pada pembaca. Sehingga halaman website tersebut dicintai oleh mesin pencari sekaligus pengunjung sebagai pembaca web atau blog tersebut.

3. Social Signal

Webmaster yang mengelola sebuah web atau blogger pemilik blog pastinya sudah familiar dengan istilah backlink. Yakni link in (tautan masuk) yang tertuju pada suatu halaman website. Prinsipnya, agar website tampil dihalaman pertama Google harus mendapatkan banyak link berkualitas. Seperti pada dunia offline, sebuah ‘penunjukkan’ oleh banyak orang, maka hal itu lebih kredibel. Atau dengan kata lain, semakin banyak orang yang menyebut seseorang dengan sebutan tertentu (dalam hal ini keyword), maka Google akan menganggap informasi tersebut valid.

Pemahaman semacam ini juga berlaku dalam dunia website. Semakin banyak link yang menunjuk halaman tersebut dengan suatu ‘keyword tertentu’ ataupun tanpa keyword, maka Google akan menganggap informasi tersebut kredibel. Nah, dalam hal link ini, Google terus mengevaluasi, jadi tidak sembarang link yang dianggapnya sebagai penunjukkan valid, akan tetapi link berkualitaslah yang akan dinilai.

Kabar baiknya, Google juga mempertimbangkan link masuk yang berasal dari media sosial. Jadi semakin banyak share maupun like dari berbagai medsos (Facebook, Twitter, Pinterest, Scoop.it, dan lain-lain) maka halaman tersebut dianggap kredibel oleh search engine termasuk Google. Oleh karena itu, fokus seorang webmaster atau pemilik bisnis adalah menyajikan informasi yang berkualitas dan valuable sehingga mendorong pengunjung melakukan sharing. Dan dengan demikian ranking sebuah website terus membaik hingga pada akhirnya dapat tampil dihalaman pertama Google.

Mulai Sekarang Juga

Waktu terus berlalu. Berubah atau kalah, Action sekarang!

Copyright © 2018 letsgrow.id | Alamat
Mitra Strategi Pemasaran Online di Internet