Influencer Marketing, Solusi bagi yang boncos pasang iklan

tipe-influencer-marketing-by-traackr
Tipe influencer marketing. Image credit: Traackr

Influencer marketing online di Indonesia masih kurang begitu popular. Meskipun dalam prakteknya telah banyak pengusaha OLShop telah menerapkan metode pemasaran endorse selebgram di instagram. Di dunia website, hal ini lebih dikenal dengan paid review yang pernah booming beberapa tahun yang lalu. Seiring perkembangan internet marketing itu sendiri, maka pola pemasaran online terus berkembang pula.

Influencer marketing telah menjadi industri yang kini cukup berkembang pada kedua belah pihak. Baik dari sisi seorang publisher atau influencer maupun dari sisi advertiser. Seorang influencer menggunakan beberapa media, yakni blog, youtube channel, instagram dan twitter dengan mudah menawarkan post pada advertiser yang membutuhkan. Begitupula dari sisi pengiklan (advertiser) dengan adanya platform yang menjembatani, maka tawar menawar harga sangat mudah dilakukan karena berdasar analytic yang terbuka. Harga yang muncul tidak sekedar berdasarkan ‘like and dislike’ akan tetapi berdasarkan metrik pada dashboard.

Di Indonesia, platform Sosiago hadir untuk memudahkan industri pemasaran semacam ini. Sila coba sosiago influencer marketing, baik untuk menjadi seorang penayang (publisher) maupun sebagai advertiser yang berkepentingan untuk meningkatkan brand awareness. Meski cara marketing online menggunakan SEO masih cukup dominan seiring dengan tingginya penggunaan mesin pencari, namun pengaruh dari endorse selebriti sangatlah penting. Traackr menyebut bahwa endorse selebriti berpengaruh hingga 60% dalam perilaku belanja seseorang.

Okay, jika kita seorang pemilik brand, seorang pebisnis ataupun penjual online, seperti apakah karakter influencer yang harus dipilih?

Tipe Influencer Marketing

Kesuksesan metode marketing online dengan menggunakan endorsemen sangat ditentukan oleh kesesuaian antara tipe selebriti dengan produk atau brand yang kita tawarkan.

Berdasarkan infografis yang disajikan oleh Traackr tersebut, maka terdapat 10 tipe influncer. Tipe tersebut memiliki 3 variabel ranking yang terbagi berdasarkan Reach (Audience size), Resonance (Engagement power) dan Relevance (Contextual fit).

Contoh cara membaca infografis tersebut seperti berikut,

Jika produk atau brand yang kita maksudkan untuk menjangkau reach lebih luas maka tipe influencer yang harus dipilih adalah seorang tipe selebriti. Sosok tenar, sosok yang lebih banyak dikenal dengan jangkauan sangat luas. Namun kesesuaian secara konteks sangatlah rendah. Sebaliknya, jika brand atau produk kita mengharapkan kesesuaian kontekstual, maka influencer yang harus dipilih adalah tipe aktivis, tipe ahli dan tipe insider. Namun, berbeda dengan tipe selebriti, jangkauan dari ketiga tipe ini lebih rendah.

Anda ‘haus’ dengan engagement?, maka anda membutuhkan seorang influencer marketing dengan tipe konektor dan tipe agitator. Kedua tipe ini diyakini memiliki kemampuan untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan audience. Pemirsa yang terlibat dapat berupa memberikan ‘like’, menuliskan komentar atau bahkan rela untuk melakukan ‘share’ atau membagikan ulang posting dari influencer tersebut.

Nah, dengan panduan infografis oleh Traackr tersebut diharapkan seorang advertiser lebih tepat memilih seorang influencer. Hal ini tentunya sangat penting dilakukan utamanya berkaitan dengan efisiensi biaya iklan atau pemasaran online di internet. Utamanya bagi seorang advertiser yang kerap kali mengalami ‘boncos’ atau tanpa hasil ketika pasang iklan berbayar di media sosial.

Penting, diantara sepuluh tipe influencer marketing diatas memiliki karakter dampak pemasaran yang bisa dikategorikan menjadi dua hal, yakni langsung banjir order atau order berkala dalam jangka panjang. Kedua tipe tersebut tentunya juga disesuaikan dengan kondisi stock produk yang kita tawarkan. Jika menginginkan penjualan langsung banjir dalam waktu singkat, maka harus memilih influencer dengan jangkauan tinggi. Namun jika mengharapkan ‘long-term sales‘, maka harus dipilih tipe influencer expert yang postingannya relevan dalam waktu cukup panjang.

Semoga bermanfaat, Selamat berjuang 🙂

Mulai Sekarang Juga

Waktu terus berlalu. Berubah atau kalah, Action sekarang!

Copyright © 2018 letsgrow.id | Alamat

Mitra Strategi Pemasaran Online di Internet