Cara Pasang Facebook Comment Di WordPress Tanpa Plugin

cara pasang facebook comment di wordpress tanpa plugin
Masih dalam rangka menulis di Internet. Fitur-fitur blog kita harus terpenuhi. Oleh karena itu, tips kali ini adalah cara pasang facebook comment di wordpress tanpa plugin. Bagi kebanyakan blogger, kolom komentar sangat penting bahkan ada yang menjadikan sebagai variabel wajib dalam sebuah blog.

Sedangkan tentang, tipe kolom komentar apa yang dipakai, hal itu sesuai dengan selera dan fokus tujuang dalam menulis di internet seperti yang telah dibahas sebelumnya. Ada yang memiliki kolom komentar default dari wordpress, ada yang lebih memilih kolom komentar Google Plus karena terkait dengan optimasi SEO website-nya, juga ada yang lebih enjoy menggunakan kolom komentar Facebook Comment.

Cara Pasang Facebook Comment di WordPress

  1. Tentunya harus login terlebih dahulu pada akun Facebook.
  2. Meluncur ke halaman developer facebook untuk membuat FB App, klik disini.
  3. Pastikan anda mendapatkan kode script dengan menekan tombol, dapatkan kode (berwarna biru) lalu simpan terlebih dahulu di notepad.
  4. Jika anda belum mendaftarkan sebelumnya, maka FB App comment tersebut belum aktif atau dalam mode pengembangan. Oleh karena itu harus mengisi kolom (mendaftar) pada halaman mendaftar. Muncul keterangan seperti dibawah ini. Klik link Dasboar Aplikasi warna biru.notifikasi aplikasi facebook mode pengembangan
  5. Setelah mengisi form yang ada dalam dashboard aplikasi. Selanjutnya copy script yang telah disimpan.
    <div id="fb-root"></div>
     <script>(function(d, s, id) {
     var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
     if (d.getElementById(id)) return;
     js = d.createElement(s); js.id = id;
     js.src = 'https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.12&appId=104910503707833';
     fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
     }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>
  6. Buka halaman Editor pada menu Tampilan (Appearance). Pilih file header.php Lalu paste kode tersebut tepat dibawah kode,
    <body <?php body_class(); ?>>
  7. Selanjutnya buka file single.php lalu masukkan kode berikut,
    <div class="fb-comments" data-href="<?php the_permalink(); ?>" data-width="100%" data-numposts="5" data-order-by="social" data-colorscheme="light"></div>
  8. Variabel data dapat diubah sesuai dengan kesesuaian template. Pengaturan dapat dilihat selengkapnya, disini.

Setting facebook comment di website berbasis wordpress tanpa menggunakan plugin dipercaya lebih mempercepat loading halaman. Meski sebenarnya dengan adanya script facebook sosial, entah itu like button dan share button. Loading halaman sedikit melambat jika dilihat dari GTmetrix score atau selalu memberikan pesan warning pada Google pagespeed checker karena eksternal javascript dari Facebook tersebut tidak dapat diatur caching.

Akan tetapi, aktivitas menulis online di blog atau website akan lebih menyenangkan jika ada feedback berupa komentar. Dan jika menggunakan FB Comment kita bisa sekaligus ‘reply’ comment menggunakan akun facebook. Klik disini untuk halaman moderasi FB komen.

Mulai Sekarang Juga

Waktu terus berlalu. Berubah atau kalah, Action sekarang!

Copyright © 2018 letsgrow.id | Alamat
Mitra Strategi Pemasaran Online di Internet