Cara Mudah Membuat Dropdown Menu WordPress Tanpa Koding

cara membuat dropdown menu di wordpress

Website dengan platform CMS WordPress memang banyak digemari. Mudah digunakan dan banyak sekali tutorial yang cukup membantu. Saat ini kita bicarakan tentang cara membuat dropdown menu di wordpress.

Pada halaman dashboard wordpress memang tidak ditemukan pilihan menu untuk membuat dropdown menu. Hal ini tentunya sangat membingungkan bagi mereka yang baru pertama kali berkenalan dengan CMS (Content Management System) WordPress.

WordPress tidak hanya mengandalkan plugin dan kode php yang dapat diedit pada menu CSS Editor. Akan tetapi juga mengkombinasikan drag-and-drop. Meski hanya sebagian, tidak seperti CMS Weebly.

Coba perhatikan screenshot dibawah ini,

cara membuat dropdown menu
Dengan menggeser salah satu menu (kategori atau custom links) terhadap menu lainnya, maka menu tersebut telah menjadi dropdown menu.

Akan tetapi hal ini masih butuh sedikit sentuhan lagi, karena jika hanya dibiarkan seperti itu maka akan ada kendala pada tampilan. Dropdown menu sulit muncul ketika mouse hover karena pointer harus tertujua pada text-link. Oleh karena itu, tugas kita menjadikan agar kolom menu dapat memunculkan menu dropdown.

Maka harus ditambah sedikit kode berikut ini pada file CSS.

.header-menu-container li:hover > li {display: block;}

Copy kode diatas lalu paste pada kolom CSS Tambahan.

Klik menu Tampilan > Sesuaikan > CSS Tambahan

Jika dashboard memakai bahasa English, maka Tampilan adalah Appearance, Sesuaikan adalah Customize.

Bisa juga, kode diatas langsung dipaste pada Editor CSS.

Klik menu Tampilan > Editor > Style.CSS

Perlu diketahui, bisa saja tiap theme berbeda nama. Jadi tugas anda adalah menemukan apakah theme yang dipakai menggunakan perintah “header-menu-container” untuk style CSS menu.

Dropdown menu sangat bermanfaat untuk blog atau website dengan multi sub-menu. Sehingga space yang digunakan bisa lebih efisien, tidak membutuhkan banyak tempat dan tidak menjadikan tampilan website menjadi penuh link.

Mulai Sekarang Juga

Waktu terus berlalu. Berubah atau kalah, Action sekarang!

Copyright © 2018 letsgrow.id | Alamat
Mitra Strategi Pemasaran Online di Internet