Cara Membuat Power Point Menarik Dengan Template PPT

Popularity Rating:
4.9
(29)

[LIVE] Kupas Tuntas Bareng Creator! – Cara membuat power point menarik dengan template PPT desain slide presentasi siap pakai editable, keren, menarik dan profesional untuk berbagai kebutuhan. Cocok untuk eksekutif, dosen dan guru, hingga mahasiswa dan milenial. Dalam lingkup Bisnis, Pendidikan, E-Course, Zoom Meeting, Sekolah Daring, Pembelajaran Online Jarak Jauh, Skripsi, Curriculum Vitae, Architecture, Technology, Kampanye Kesehatan, Infografis serta membuat edu-game permainan dengan menggunakan background PPT pendidikan, dan masih banyak lagi.
[SET REMINDER] Pastikan anda mengikuti webinar ini!

90.000+ SLIDE Menarik & Keren!
1.300 TEMPLATE PPT Profesional

Okay, mari kita diskusi. Pada dasarnya, membuat presentasi menarik dengan memberikan impresi dan dampak positif bagi audiens dapat dipelajari oleh semua orang. Terdapat sebuah pola, dimana ketika pola tersebut diterapkan, maka siapapun mampu menyampaikan sebuah materi presentasi dengan baik.

 

Tips Cara Membuat PPT Menarik

Materi berbobot adalah inti dari sebuah presentasi baik itu untuk kepentingan bisnis, ulasan tentang portofolio, pendidikan untuk siswa, pembelajaran untuk kuliah mahasiswa ataupun sebagai konsep proposal penawaran kerjasama.

Namun tahukah anda, bahwa tujuan utama dari sebuah presentasi bukanlah sekedar menyampaikan informasi. Akan tetapi lebih dari sekedar itu, yakni memberikan kesan. Karena suatu kesan mudah diingat masuk kedalam memori pemirsa dibanding berlembar-lembar informasi berupa teks dan tabel angka yang rigid.

Penting untuk digarisbawahi bahwa slide materi presentasi bukanlah lembaran buku atau ebook yang berisi paragraf artikel. Slide presentasi power point anda harus berisi ‘trigger’ (pemicu) bagi para audiens untuk berpikir mengetahui perihal disampaikan oleh penyaji lebih dalam lagi.

Perhatikan prinsip presentasi menurut William Albert Hugh Rushton, seorang British Neurophysiologist (1901 – 1980) berikut ini:


slide template ppt menarik perhatian audiens

Berdasarkan pemahaman tersebut, seorang presenter, pemateri atau penyaji presentasi harus berupaya sedemikian rupa untuk dapat menarik perhatian audiens hingga mampu meninggalkan kesan positif dari apa yang telah disampaikan. Salah satu caranya adalah dengan desain PPT power point (atau Google Slide, Keynote) yang menarik pula.

Konsep dasarnya adalah penilaian dari kesuksesan sebuah presentasi bukan dilihat dari seperti apa dan seberapa banyak pengetahuan yang disampaikan, melainkan dari tingkat pemahaman audiens atas apa yang telah disampaikan.

SEMBILAN Teknik Presentasi Menarik Perhatian Audiens

1. Start With Why

Judul dan sub-judul memiliki peran penting untuk menggugah rasa ingin tahu audiens. Picu audiens untuk berpikir ‘why’. Pastikan desain slide untuk judul tercetak bold, fokus dan menghindari ‘clutter’ desain tampilan yang kurang menarik.

2. Perkuat Introduction

Rasa penasaran tersebut diperkuat pada slide berikutnya tentang ‘introduction’ pengantar. Pada slide ini disampaikan mengapa materi tersebut perlu dan penting untuk disampaikan. Jangan lupa perkenalkan profil diri anda dan mengapa anda merasa layak untuk menyampaikan materi tersebut.

3. Kesesuaian Tema

Pastikan menyajikan desain PPT simpel dan keren namun tetap memiliki kesesuaian dengan pokok bahasan serta situasi kondisi audiens. Misal tentang penggunaan warna dan type font, hal ini harus digunakan secara konsisten dari awal sampai penutup.

4. Rich Media

Penggunaan media gambar, foto dan jika memungkinkan video sangat dibutuhkan untuk mempertahankan audiens tetap betah dengan pemaparan materi yang disampaikan.

5. Teks Efisien

Seperti disampaikan sebelumnya, slide presentasi berbeda dengan buku atau ebook yang penuh dengan teks paragraf. Gunakan teks secara hemat, sisakan ruang kosong dalam lembar slide agar audiens memiliki jeda berpikir dan dapat fokus pada materi yang dipaparkan.

6. Sertakan Quote

Quote atau kutipan merupakan hal yang sepele namun memiliki efek luar biasa dalam sebuah presentasi. Hal ini dimaksudkan untuk menetralisir subjektivitas materi. Setinggi-tingginya ilmu seseorang, pasti lebih nyaman untuk disimak ilmunya jika ia juga berkenan menyelipkan teori, pendapat maupun gagasan orang lain dalam pemaparannya.

7. Tambahkan Grafik

Slide presentasi akan nampak lebih hidup jika menyertakan grafik dari data-data yang disampaikan. Hindari menggunakan tabel hasil ‘copy paste’ dari excel atau spreadsheet secara langsung. Pastikan menyajikan dalam bentuk diagram mudah dibaca.

8. Batasi Bullet Numbering

Pastikan dalam tiap slide hanya terdiri dari beberapa penomoran dengan satu pokok penekanan pembahasan. Hal itu dimaksudkan agar tidak terlalu lama dalam slide tersebut dan segera berpindah pada slide berikutnya. Kejenuhan merupakan masalah utama bagi pemirsa presentasi karena bersifat monolog. Terlebih jika audiens adalah milenial dengan tipikal tergesa-gesa, maka hal itu patut menjadi perhatian.

9. Kesimpulan Penutup

Slide kesimpulan bermanfaat untuk menyampaikan secara garis besar pokok bahasan dari materi presentasi tersebut. Pada slide ini ada baiknya disertakan ‘Call To Action’, misal tautan untuk melanjutkan diskusi secara daring di media sosial, tautan pengunduhan, tautan bergabung pada sebuah grup diskusi dan sebagainya.

HARGA PROMO Saat Launching!
DISKON 50% Kode Kupon LUCKY

Presentasi umumnya membutuhkan waktu 30-45 menit saja. Namun tahukah anda, bahwa beberapa menit yang singkat tersebut dapat menentukan masa depan seseorang. Misalnya, presentasi menarik berisi portofolio dari seorang ‘talent’ di depan rekruter bisa menjadi pintu gerbang karir gemilang. Juga pada presentasi-presentasi lainnya.

Maka, persiapkanlah waktu presentasi anda yang cukup singkat tersebut sebaik-baiknya. Pukau audiens dengan isi materi berbobot dipadu dengan desain PPT yang menarik. InsyaAllah presentasi anda akan sangat berkesan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂

Rate this!

Average 4.9 / 5. Total vote: 29

Belum ada vote, jadilah yang pertama!

Need help? Contact us!

Copyright © 2020 letsgrow.id

Konsultan Digital Marketing & Publikasi Online